Mekanikal & Elektrikal

Ukuran dan Jenis Pipa Besi yang Perlu Diketahui

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Pipa besi merupakan bahan bangunan yang sangat dibutuhkan. Pipa ini bisa digunakan untuk saluran air, penyangga rumah, rangka plafon, membuat pagar, bahan konstruksi bangunan, dan lain-lain. Pipa ini sering dipilih karena tahan lama dan anti rayap. Selain itu, pipa ini juga tahan api, proses pemasangannya mudah dan relatif murah.

Ukuran Pipa

Pipa besi memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Terdapat tiga kelompok ukuran untuk pipa agar mempermudah pemilihan untuk menyesuaikan kebutuhan.

1. Large Bore Pipe

Ukuran ini adalah ukuran terbesar yang digunakan produksi industri.. Biasanya memiliki diameter lebih dari 2,5 cm. Pipa dengan ukuran ini biasa digunakan untuk pabrik.

2. Small Bore Pipe

Pipa ini memiliki ukuran terkecil dan diameternya tidak mencapai 2,5 cm. Meskipun kecil, pipa ini memiliki ketebalan dinding yang cukup besar.

3. Tubing

Pipa jenis ini memiliki ukuran diameter hingga 10 cm. Namun dengan diameter sebesar itu, pipa ini tidak memiliki ketebalan dinding sebagus Large Bore Pipe maupun Small Bore Pipe.

Ketebalan Pipa

Selain ukuran, pipa juga memiliki ketebalan yang beragam. Ketebalan ini biasa disebut dengan Schedule. Terdapat 3 kelompok ketebalan pipa, yaitu Standard, Extra Strong, dan Double Extra Strong. Namun sekarang penamaan ketebalan pipa langsung mencantumkan nomor Schedule tertentu. Penomoran itu dimulai dari nomor 5 dan penulisannya adalah 5S dan diteruskan dengan kelipatan 10 kemudian kelipatan 20.

Jenis-jenis Pipa

Pipa besi memiliki ukuran yang berbeda sehingga harga pipa besi dit toko besi juga bervariasi. Berikut jenis-jenis pipa yang beredar di pasaran.

1. Pipa Ductile

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Pipa ini memiliki kelebihan yaitu memiliki bahan yang kuat, memiliki daya tahan tinggi, dan anti karat. Karena kelebihannya pipa ini digunakan untuk saluran air. Pipa ini memiliki ukuran yang bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Pipa Welded

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Pipa Welded memiliki ciri khas yaitu terdapat garis memanjang pada ujungnya. Kegunaannya adalah untuk menyambungkan pipa satu dengan yang lain. Pipa ini harus diproduksi oleh pabrik bersertifikat karena harus dibuat dengan kualitas bagus agar tidak terjadi kebocoran pada pipa.

3. Pipa Hollow

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Pipa berbentuk kotak ini biasa digunakan untuk pembuatan gerbang atau pagar rumah. Namun banyak yang memanfaatkan pipa ini untuk rangka plafon atau kanopi. Tidak heran, karena pipa hollow sangat gampang dipasang dan tidak mudah lapuk. Pipa ini biasanya dijual dengan panjang 6 meter namun memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

4. Pipa Seamless

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Sesuai namanya, pipa ini tidak memiliki sambungan dan hanya merupakan pipa panjang yang dipotong. Pipa ini memiliki daya tahan cukup tinggi dan lebih sedikit mahal dari pipa welded.

5. Pipa Ulet

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Jenis pipa ini adalah pipa yang paling kuat karena merupakan pipa cor atas campuran besi dan granit. Kekuatan pipa ulet ini digadang-gadang dapat menandingi performa baja dan memiliki tingkat korosi rendah serta tahan terhadap benturan.

6. Pipa Galvanis

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Pipa ini biasa digunakan untuk kebutuhan pembangunan drainase. Pipa ini juga bisa digunakan untuk bahan mebel interior. Selain itu, pipa ini juga bisa digunakan untuk pembuatan pegangan tangga di luar ruangan maupun pagar karena memiliki daya tahan terhadap korosi yang tinggi. Seperti pipa hollow, pipa galvanis memiliki ukuran dan harga yang berbeda.

7. Pipa Oval

Ukuran dan Jenis Pipa Besi

Sesuai dengan namanya, pipa ini berbentuk oval dan bisa dimanfaatkan untuk penunjang industri otomotif, mebel hingga fesyen. Pipa ini biasa digunakan untuk pembuatan knalpot, kerangka meja atau kursi serta sarana penggantung pakaian. Pipa ini juga memiliki ukuran yang beragam.

Sekarang kita sudah mengetahui jenis-jenis pipa besi yang ada dipasaran. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan harga pipa besi dan jenisnya dengan kebutuhan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *