Dekorasi

Jangan Lewatkan Tips Menjaga Keawetan Partisi Berbahan GRC

Tips Menjaga Keawetan Partisi Berbahan GRC

Partisi adalah salah satu elemen penting yang perlu ada pada sebuah bangunan, di mana partisi berfungsi untuk memisahkan antar ruangan serta mencipatkan area privasi tanpa perlu merombak bangunan. Partisi sendiri biasanya menggunakan beberapa jenis bahan yang tentu saja memiliki kesan serta bentuk yang berbeda-beda, di mana salah satu yang sangat populer adalah partisi berbahan GRC.

Partisi GRC sendiri memiliki banyak sekali kelebihan yang tentu saja tidak dimiliki oleh beberapa jenis lain. Bahan GRC terkenal akan keawetannya, di mana bahan ini tahan api dan air. Tidak hanya itu saja, bahan GRC sendiri juga anti rayap, walaupun karakternya seperti kayu tapi bahan ini bukan terbuat dari kayu. Nah, partisi yang menggunakan bahan ini tentu saja perlu dirawat agar terjaga keawetannya karena kesalahan perawatan dapat membuat GRC cepat rusak.

Tips merawat partisi berbahan GRC

Tips Menjaga Keawetan Partisi Berbahan GRC

Merawat partisi dengan bahan GRC sangatlah penting agar partisi masih tetap terjaga kekokohannya dan tidak mengganggu ketika dilihat. Di bawah ini sendiri adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap membuat partisi ini tetap awet. Berikut tipsnya:

1. Bersihkan secara rutin

Tips pertama agar tetap membuat partisi dengan bahan GRC ini tetap awet adalah dengan membersihkannya secara rutin. Anda dapat membersihkannya dari debu setiap hari dengan cara mudah yaitu menggunakan kemoceng. Pada saat membersihkan partisi GRC ini, Anda dapat mengecek apakah ada bagian dari partisi yang retak ataupun rusak. Di mana dengan mengetahui bagian yang rusak, tentu saja Anda dapat melakukan perbaikan sebelum kerusakan melebar.

2. Bersihkan dari jaring laba-laba

Untuk tetap membuat partisi awet, membersihkan jaring laba-laba sangatlah penting. Laba-laba sendiri adalah hewan yang selalu membuat sarang, di mana jika Anda biarkan tentu saja akan membuat banyak masalah. Semisalnya partisi akan terlihat kotor, di mana jaring laba-laba juga menyebabkan debu menempel susah dihilangkan. Maka dari pada itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan partisi dari sarang hewan berkaki banyak ini.

3. Menggunakan pelapis

Tips selanjutnya agar dapat membuat partisi ini tetap awet dan kokoh adalah dengan menggunakan pelapis. Anda dapat memberikan partisi yang terbuat dari bahan GRC ini dilapisi dengan cat waterproof yang akan membuat partisi menjadi lebih tahan terhadap air. Walaupun bahan GRC sendiri memiliki daya tahan terhadap air, namun menggunakan cat anti air sendiri akan membuat partisi menjadi lebih kuat dan juga tahan lama.

4. Jauhkan dari suhu panas ekstrim

Kelebihan dari bahan GRC sendiri adalah anti api, tapi bila terkena suhu panas ekstrim secara terus menerus tentu saja akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Bahan GRC yang selalu terkena panas secara konstan akan menyebabkan papan ataupun partisi menjadi melengkung. Hal ini sendiri dikarenakan bahan ini terbuat dari campuran fiberglass dan semen, di mana fiberglass akan mengembang apabila terkena suhu panas terus menerus. Maka dari pada itu, lebih baik partisi yang berbahan ini dijauhkan dari tempat yang mendapatkan panas ekstrim secara konstan.

Itu adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keawetan dari partisi GRC. Walaupun bahan GRC sendiri mempunyai banyak sekali kelebihan, namun perawatan yang salah tentu saja dapat membuat partisi menjadi cepat rusak. Maka dari pada itu, perhatikanlah peletakan partisi serta hati-hati pada saat memasangnya. Karena GRC memiliki karakter yang lentur, membuat bahan ini sangat mudah sekali retak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *