Dekorasi

Tips Desain Rumah Kayu Anti Rayap

Tips Desain Rumah Kayu Anti Rayap

Keberadaan rumah kayu di zaman sekarang cukup langka, padahal rumah kayu mampu memberikan suasana yang hangat dan sejuk secara bersamaan, nilai estetika yang terkandung juga lebih besar di banding rumah biasa yang menggunakan tembok. Namun jika desain rumah kayu dirasa kurang kamu sukai maka pemilihan lantai vinyl bisa menjadi solusi yang bagus agar rumah memiliki kesan yang hangat dan elegan.

Salah satu alasan banyak orang yang tidak memilih kayu sebagai bahan bangunan rumah mereka adalah rayap. Binatang satu ini menyerang kayu dengan ganas dan membuat kamu mengeluarkan dana lebih besar untuk memperbaikinya.

Namun, kita tidak bisa jauh dari kayu, karena berbagai perabotan rumah banyak yang masih menggunakan kayu, bahkan ada banyak sebagian kita yang masih menggunakan pintu, jendela, hingga atap yang menggunakan kayu. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengusir rayap, rayap bisa diberantas dengan mudah melalui tips-tips yang ada di bawah ini.

7 Tips Desain Rumah Anti Rayap

Desain Rumah Anti Rayap

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rayap, di antaranya adalah :

1. Lindungi rumah dengan cairan khusus anti rayap

Untuk melindungi rumah kayu atau perabotan kayu dari rayap kamu perlu menyemprotkan cairan khusus di sekitar rumah. Mulailah menyemprotkan cairan ini di plafon, kusen,  dinding, lantai kayu dan lainnya yang memiliki peluang terserang rayap.

2. Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah

Genangan air memiliki peran yang besar sebagai tempat perkembangan rayap, oleh sebab itu pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah. Apalagi jika musim hujan datang, pastikan selokan dan kolam yang ada di sekitar rumah bersih.

3. Perbanyak ventilasi pada rumah

Bukan rahasia lagi jika rayap sangat menyukai tempat-tempat yang lembab, oleh sebab itu jangan pelit dengan ventilasi. Dengan banyaknya ventilasi atau jendela maka kondisi udara yang ada di dalam rumah tidak akan lembab, sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah.

4. Pilih Vinyl lantai

Lantai yang menggunakan kayu memang lebih indah dan elegan, namun sangat rawan dengan rayap karena berada di bagian rumah paling dasar. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa memilih lantai dari vinyl, jenis lantai satu ini sangat mirip dengan kayu, harga vinyl lantai juga cukup terjangkau, lebih murah dibanding dengan lantai kayu. Apalagi ada banyak sekali desain vinyl yang bisa kamu pilih, yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi rumah.

5. Pastikan tidak ada tumpukan kayu di sekitar rumah

Tumpukan kayu di sekitar rumah mampu memicu keberadaan rayap, pastikan kamu menyingkirkan semua tumpukan kayu yang ada di rumah. Dengan begitu tidak akan ada rayap yang akan menyerang rumah dan perabotan-perabotannya.

6. Pilih kayu berkualitas tidak mudah terserang rayap

Ada beberapa jenis kayu yang tidak mudah terserang rayap, harganya juga cukup tinggi namun kualitasnya tidak riragukan lagi. Jenis kayu ini antara lain kayu meranti, kayu jati, kayu ulin, kayu sonokeling dan kayu bangkirai. Jenis kayu ini sangat keras tahan terhadap panas dan rayap. Jenis kayu tersebut juga cocok dijadikan sebagai lantai rumah, namun kamu juga bisa menggunakan lantai vinyl yang mirip dengan kayu dengan harga yang lebih murah.

7. Perhatikan pencahayaan di rumah

Taukah kamu rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap, oleh sebab itu agar terhindar dari rayap pastikan untuk memperhatikan pencahayaan di rumah. Pastikan keadaan rumah kering tidak ada pipa air yang bocor dan gunakan jendela dan lampu agar cahaya di dalam rumah terang.

Lakukan tips-tips di atas agar semua benda yang terbuat dari kayu di dalam rumah tetap terjaga dengan aman terhindar dari rayap. Untuk lantai rumah kamu bisa memilih vinyl, harga vinyl lantai cukup terjangkau selain itu dibuat menggunakan bahan-bahan anti rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *