Dekorasi

Patut Dicoba!! Inilah 4 Tips Ampuh Agar Kayu Tidak Mudah Terknena Rayap

Tips Ampuh Agar Kayu Tidak Mudah Terknena Rayap

Seperti yang kita tahu bahwa dalam dunia kontruksi dan interior hadirnya material kayu benar-benar sangat dibutuhkan mulai dari pondasi dasar hingga furnitur suatu ruangan tidak akan terlepas dari penggunaan kayu sebagai bahan dasarnya. Bahkan khusus bagi para pecinta desain etnik dan unik penggunaan kayu benar-benar sangat dibutuhkan karena hampir seluruh aspek bangunan didominasi oleh material kayu itu sendiri. Seperti yang sedang tren belakangan ini bahwa penggunaan material kayu tidak hanya digunakan sebagai kusen saja melainkan digunakan juga sebagai pelapis lantai atau yang biasa disebut dengan lantai vinyl.

Penggunaan pelapis lantai dengan material kayu menjadikan harga lantai vinyl murah meriah ditawarkan dipasaran sehingga penggunaannya selalu meningkat setiap tahun. Selain itu, hadirnya pelapis lantai yang terbuat dari kayu itu dirasa sangat menguntungkan karena mampu menambah suasana yang hangat dan nyaman bagi para penghuninya. Meskipun material kayu sangat bermanfaat dalam dunia kontruksi dan interior namun tetap saja seperti kebanyakan material lain yang pasti memiliki kekurangan dalam penggunaannya.

4 Tips Ampuh Agar Kayu Tidak Terkena Rayap

Adapun kekurangan yang sering terjadi pada kayu yaitu ancaman serangga yang jahat seperti rayap sangat rentan sekali mengganggu dan membuat kayu menjadi rusak. Bisa dibayangkan jika hal itu terjadi pada salah satu aspek interior rumah yang kita huni maka akan terasa sangat mengerikan terutama jika hunian didominasi oleh kayu secara keseluruhan, benar-benar sangat berbahaya. Namun meskipun demikian anda tak perlu khawatir karena saat ini terdapat banyak cara yang bisa dilakukan agar kayu tidak cepat terkena rayap sehingga material kayu anda akan terbebas dari ancaman rayap. Simaklah beberapa tips dibawah ini yang akan membantu anda menjauhkan rayap dari material kayu yang anda miliki, dan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Selalu Bersihkan Kayu Secara Rutin

Tips yang pertama yang harus anda lakukan agar kayu tidak cepat dirayapi yaitu anda harus secara rutin membersihkan material kayu sehingga terhindar dari kotoran dan debu yang menempel. Hal ini sangat perlu dilakukan karena saat material kayu seperti meja dan kursi terkena kotoran bekas makanan yang menempel maka akan semakin mengundang ketertarikan rayap untuk datang dan menggerogotinya. Maka biasakanlah untuk membersihkan segala aspek interior yang terbuat dari kayu secara rutin dengan mengelapnya menggunakan kain yang lembut dan kering. Dengan demikian, dijamin rayap tidak akan tertarik untuk datang.

2. Gunakan Cairan Anti Rayap Pada Permukaan Kayu

Bila anda berada dalam suhu dan udara yang lembab maka sangat penting untuk memperhatikan keadaan segala perabot dan alat-alat hunian yang terbuat dari kayu. Seperti yang kita tahu bahwa rayap sangat suka terhadap kayu yang memiliki suhu lembab sehingga ia akan bersarang di dalamnya, maka sebagai solusinya segeralah gunakan cairan anti rayap pada setiap permukaan kayu khusunya pada permukaan lantai vinyl kayu sehingga mampu membuat rayap enggan untuk tinggal. Adapun, cairan anti rayap itu bisa kita temukan di pasaran dengan merk yang beragam dan tentunya ramah lingkungan sehingga tak perlu khawatir dalam penggunaannya.

3. Pastikan Kayu Untuk Selalu Dalam Keadaan Kering

Tips untuk mencegah kayu agar tidak mudah dirayapi sebenarnya sangatlah sederhana, di mana kita hanya tinggal memastikan saja bahwa seluruh perlengkapan dan peralatan yang terbuat dari kayu terbebas dari kondisi basah. Hal ini sangat wajib dilakukan terutama bagi hunian-hunian yang didominasi oleh kayu sebaiknya selalu pastikan bahwa setiap permukaan kayu yang ada diruangan berada dalam kondisi yang kering sehingga tidak memungkinkan rayap untuk tinggal dan bersarang. Bila perlu gunakan cat khusus untuk kayu yang akan menjadi pelindung atau waterproof agar kayu selalu berada dalam kondisi kering.

4. Gunakan Kapur Barus dan Minyak Solar Saat Membersihkan Kayu

Bila biasanya kapur barus digunakan untuk membasmi semut dan kecoa namun kali ini anda bisa menggunakannya untuk menjadi solusi agar kayu tidak mudah dirayapi. Caranya cukup mudah yaitu sesekali saat anda ingin membersihkan kayu gunakanlah bubuk kapur barus yang dicampurkan dengan minyak solar, lalu selanjutnya oleskan secara perlahan pada permukaan kayu yang hendak dibersihkan hingga setelah dilakukan beberapa menit kemudian gunakan kain lap untuk membersihkan kembali permukaan kayu. Jika tips ini dilakukan secara rutin dijamin rayap tidak akan pernah muncul untuk selamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *