Konstruksi

Penting! Pastikan Rumah Anda Siap Memasuki Musim Hujan Dengan Cara Ini!

rumah musim hujan

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang terbagi menjadi dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Dengan kondisi yang hanya terbagi menjadi dua musim saja, membuat negara kita harus menghadapi salah satu musimnya dalam rentan waktu yang cukup lama, yaitu berkisar sekitar 6 bulan lamanya.

Terkadang kondisi pada negara kita juga dapat mengalami perubahan cuaca extreme yang cukup parah seperti musim panas berkepanjangan ataupun badai saat musim hujan datang. Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini, perubahan cuaca membuat dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah terhadap kondisi rumah sebagai naungan untuk kita berlindung.

Memasuki musim hujan saat ini, sekiranya perlu dilakukan beberapa persiapan yang cukup matang khususnya pada rumah anda. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar kita lebih siap dalam menjalani musim tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan guna mempersiapkan datangnya musim hujan sebelum memberikan dampak yang lebih parah pada hunian anda.

Berbagai Hal yang Perlu Dilakukan Pada Rumah Sebelum Musim Hujan

1. Mengecek kondisi atap rumah

atap rumah

Atap pada dasarnya adalah bagian yang akan menaungi sesuatu yang ada di bawahnya. Saat musim hujan tiba area ini menjadi tempat paling sering terkena hujan. Akibatnya jika hujan deras terjadi terus menerus maka bagian atap akan mudah rembes dan menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, penting dilakukan untuk mengecek bagian atap rumah. Untuk atap yang menggunakan genting, anda bisa melihat apakah kondisi genting masih dalam keadaan yang pas atau bergeser. Selain itu lihat juga beberapa bagian genting yang rusak dan segeralah untuk menggantinya.

Jika atap rumah anda terbuat dari beton yang menyerupai dak. Maka anda perlu memperhatikan lapisan pada dak tersebut. Anda dapat memberikan lapisan waterproofing untuk mencegah terjadinya kebocoran. Lapisan tersebut dapat berupa lapisan waterproofing membrane yang diaplikasikan pada atap anda agar lebih tahan terhadap cuaca extreme dikala musim hujan datang.

2. Periksa keadaan talang air

Talang air merupakan sebuah penampungan air hujan yang akan disalurkan dari atap menuju ke luar rumah. Jika talang air pada rumah anda terdapat banyak sampah, ini akan membuatnya menjadi tersumbat dan air yang ditampung tidak dapat tersalurkan dengan baik. Dampaknya, air akan tertampung melewati batas volume dan akan tumpah ke sisi rumah bahkan tergenang di atas atap sehingga dapat membuatnya menjadi rembes hingga mengalami kebocoran. Maka dari itu, anda harus mengecek apakah talang air dalam keadaan yang bersih dan bebas sampah.

3. Perhatikan sistem jaringan listrik

Ini juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh anda. Jaringan listrik adalah hal yang fatal jika kita lalai untuk memeriksanya karena akan memberi dampak yang sangat berbahaya. Anda bisa untuk memulainya dengan mengecek kabel listrik dirumah anda yang sudah terbuka dan tidak memiliki pelindung. Bagi kabel yang terkelupas, jika dibiarkan dan berada di luar rumah, kemudian terkena air hujan maka akan terjadi korsleting listrik. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya bukan? nah, untuk mencegah hal seperti itu terjadi, maka sebaiknya anda memeriksanya dan membenarkannya sebelum menjelang musim hujan.

4. Melakukan pemangkasan pada tanaman di halaman rumah

Bagi anda yang memiliki hunian dengan halaman yang luas dan terdapat beberapa tanaman tinggi, sebaiknya anda jangan melupakan hal yang satu ini. Ya memangkas tanaman yang berpotensi membahayakan saat badai datang perlu dilakukan. Hal ini agar ranting dan dahan pada tanaman tersebut tidak jatuh dan menimpa rumah anda.

Itu tadi beberapa hal-hal penting yang perlu anda persiapkan saat memasuki musim hujan. Pada permasalah atap, anda bisa menyewa jasa waterproofing membrane untuk memperbaiki atap dan mencegah kebocoran yang cukup parah pada hunian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *