Kelistrikan

Me Time Makin Seru, Pasang Pintu Atap Otomatis Di Atap

Pasang Pintu Atap Otomatis Di Atap

Area di atap bisa dijadikan ruangan bersantai. Penghuni akan memiliki ruangan yang berada di area paling atas dari rumah dengan pemandangan dari atas. Tempat tersebut bisa jadi tempat anda seorang untuk relaksasi dan mendapatkan waktu me time yang berkualitas. Tentu untuk mencapai area atas perlu pintu khusus karena mengikuti struktur bangunan. Pemasangan pintu atap yang digerakan secara otomatis menambah kepraktisan menuju keatas atap.

Tips Mudah Pasang Pintu Atap Otomatis

Untuk pasang pintu otomatis semudah menyewa jasa kontraktor listrik, penghuni pokoknya tahu beres saja. Tapi, bila mengetahui tips berikut, bisa jadi tambahan pengetahuan dan bisa siap untuk pemasangan otomatis lainnya seperti pintu gerbang otomatis atau jendela otomatis. Semua harus disesuaikan dengan daya yang dimiliki oleh rumah serta pemasangan elektrikalnya, yang bisa cukup menantang karena posisinya yang mengarah ke atap. Berikut adalah beberapa tips instalasi pintu atap otomatis yang mudah untuk diikuti.

1. Pilih Sensor Yang Tepat

Pintu otomatis sering kita lihat diperkantoran atau pusat perbelanjaan. Pintu terbuka secara otomatis karena ada sensor yang mendeteksi dan secara otomatis membuka dan tutup pintu. Sensor untuk pintu jenis ini bisa berdasarkan berat yang dipasang dibagian bawah pintu. Namun, untuk pintu atap hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Jadi sensor paling amannya adalah dengan menggunakan remote control dan sensor baterai. Jadi, pintu hanya bisa terbuka ketika remote control memberinya perintah,

2. Kabel SNI

Instalasi pintu otomatis juga termasuk instalasi listrik rumahan. Sehingga pemasangannya harus menyesuaikan dengan daya listrik rumah dengan tambahan mekanikal elektrikal. Agar semua sistem berjalan aman, selalu gunakan kabel dengan SNI yang sudah terjamin kualitasnya dan diverifikasi oleh pemerintah. Kabel jenis ini tentu lebih mahal namun tidak mudah terkelupas atau koslet.

3. Sakelar Berkualitas

Apapun yang dibuka secara otomatis perlu mengunakan sakelar. Bila pintu digerakan dengan batere maka penggunaan sakelarnya tidak terlalu besar. jadi bisa membeli sakelar yang lebih berkualitas walaupun lebih mahal. Pemasangannya juga harus dengan tenaga ahli yang bisa dipanggil kembali ketika ada masalah.

4. Pilih Cara membuka

Pemasangan pintu yang terbuka dengan sliding berbeda dengan pintu atap otomatis yang dibuka dengan tuas secara lebar. Sebelum menetapkan akan memasang pintu atap secara otomatis, pilih juga cara membukanya. Karena semakin besar bukaan, maka energi listrik yang dihasilkan lebih besar. Semakin lebar bukaan maka semakin besar daya yang harus dikeluarkan.

5. Pasangan Pintu Manual

Sebagai tindak pencegahan pintu tidak bisa dibuka secara otomatis, pasang juga katup manual. Jadi, anda masih dapat membuka pintu kala tidak bisa dibuka atau sulit ditutup. Karena dalam kondisi tiba-tiba hujan deras atau beragin dan pintu atap otomatis rusak, maka akan lebih sulit untuk mencegah curah hujan masuk. Pengerak pintu manual jadi penyelamat kala kesulitan pada pintu atap terjadi. Kehilangan remote kotrol juga bisa jadi alasan untuk instalasi komponen manual, kala tiba-tiba dibutuhkan saja.

Kelima panduan di atas dapat memastikan instalasi pintu atap otomatis terjaga keamannanya walau sudah menggunakan jasa kontraktor, pemilik rumah wajib tahu. Karena selalu ada kemungkinan pintu atap macet, ada arus hubungan pendek dan masalah elektrikal lainnya. Sehingga tetap miliki kontak jasa kontraktor yang mengerjakan pemasangan pintu atap otomatis, agar dapat mengerjakan perawatan atau perbaikan kala ada masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *