Dekorasi

Ketahui Apa Saja Jenis Kaca yang Tepat untuk Partisi Kaca

Jenis Kaca yang Tepat untuk Partisi Kaca

Penggunaan partisi kaca saat ini sudah sangat umum dijumpai sebagai penyekat di beberapa area. Contohnya saja partisi kantor, penyekat antar ruang di dalam rumah, hingga partisi kamar mandi. Penggunaan kaca ini dinilai bisa memberikan tampilan yang rapi, elegan, serta terlihat sangat futuristik. Namun jika ingin mengaplikasikan kaca sebagai partisi, anda perlu memilih jenis kaca yang tepat.

Dalam memilih kaca ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Misalnya saja kaca yang memiliki ketahanan dan kekuatan yang tinggi, desain yang indah, anti gores, serta aman digunakan. Pastinya hal tersebut harus benar benar diperhatikan, supaya tidak salah memilih kaca yang justru merugikan anda. Apalagi penggunaan kaca ini tidak memiliki penopang yang lebar seperti partisi dinding. Nah, beberapa jenis kaca ini tepat buat jadi partisi rumahmu.

Jenis Kaca yang Tepat untuk Digunakan Sebagai Partisi Kaca 

Beberapa jenis kaca yang bisa anda gunakan sebagai partisi rumah, contohnya adalah sebagai berikut.

1. Patterned glass or Textured Glass

Patterned glass or Textured Glass

Patterned glass atau Textured Glass ini adalah sebuah bahan kaca dengan motif timbul di permukaannya. Jenis kaca ini biasa disebut dengan kaca bertekstur, yang akan memberikan efek buram pada tampilannya. Kelebihan dari penggunaannya adalah bisa memberikan privasi, namun tetap bisa menyalurkan cahaya dari ruangan luar. Tak hanya digunakan sebagai partisi, tapi kaca bertekstur ini juga kerap dipakai untuk jendela dan pintu kaca.

2. Kaca Sandblast

Kaca Sandblast

Sesuai namanya, kaca sandblast ini dibuat dari bahan kaca yang disemprot butiran pasir kuarsa. Dengan melalui proses ini kaca sandblast jadi terlihat buram, sehingga memberikan privasi bagi penghuni rumah atau orang di suatu ruangan. Penggunannya biasa dipakai untuk partisi, wall covering, serta aksen dekoratif furniture.

3. Kaca es

Kaca es

Kaca jenis ini juga tepat digunakan sebagai partisi rumah, karena banyak kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan tersebut antara lain ketahanannya yang cukup tinggi, serta tampilannya yang kabur. Jika ingin menggunakan kaca es, anda perlu memilih bahan yang tebal dan berkualitas tinggi. Tujuannya adalah untuk menghindari keretakan akibat getaran ataupun benturan keras.

Selain itu, tampilannya yang bertekstur dan blur juga bisa menawarkan privasi yang lebih baik. Kaca ini juga sangat tepat anda jadikan penghalang sinar matahari yang terlalu silau masuk ke rumah. Meski terlihat blur, tapi kaca es ini juga memiliki tampilan yang dapat mempercantik dekorasi rumah loh. Tak hanya partisi rumah, tapi kaca es ini juga kerap dipilih sebagai pintu kabinet, shower box, dan lain lain.

4. Kaca tempered

Kaca tempered

Jenis kaca tempered adalah salah satu jenis kaca yang paling umum digunakan sebagai partisi rumah. Jika dilihat dari tampilannya, kaca tempered ini biasa saja seperti kaca pada umumnya. Tapi kaca ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi, bahkan mencapai 3 – 5 kali lipat dari ketahanan kaca biasa. Kelebihan kaca ini yaitu, memiliki ketahanan dalam menopang beban berat, tekanan angin, dan benturan.

Bahkan saat pecah pun kaca tempered ini dinilai sangatlah aman, karena pecahan kacanya tidak tajam serta tidak bisa melukai kulit. Perlu kamu tahu, bahwa pecahan kaca ini memiliki bentuk yang bulat dan tumpul. Jika anda ingin menggunakan partisi berbahan kaca tanpa frame atau kusen, kaca tempered ini tentu jadi pilihan yang tepat. Sehingga partisi ini bisa sekaligus dijadikan pengganti dinding ruangan

Itulah tadi beberapa jenis kaca yang tepat untuk partisi ruangan. Dalam memilih jenis partisi kaca tersebut, anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan. Nah sudah tahu kan jenis kaca yang tepat untuk partisi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *