Material

Kenali Berbagai Model List Gypsum yang Populer

Apa itu List Gypsum?

 Sekarang ini, setiap bangunan entah perkantoran atau pun hunian, pasti memiliki plafon yang berada di langit-langit. Pada dasarnya, plafon digunakan untuk menutupi kabel dan kerangka atap yang terdapat di langit-langit. Dengan menggunakannya, bangunan akan terlihat menjadi bersih dan rapi. Salah satu plafon yang sering digunakan adalah gypsum. Selain digunakan sebagai penutup, Anda juga bisa menambah tampilan dengan menggunakan list gypsum. List profil gypsum merupakan penghubung antara dinding yang tertempel dengan permukaan plafon.

 

Seberapa Penting Penggunaan List Gypsum?

 Mungkin, Anda langsung bertanya-tanya, sebenarnya apa pentingnya menggunakan lis gypsum ini? Karena digunakan sebagai penghubung dinding yang menempel dan permukaan plafon, jika tidak ada list, plafon bisa mudah retak bahkan runtuh. Sehingga, fungsi dari lis ini bukan hanya digunakan sebagai penambahan estetika ruangan, namun juga digunakan sebagai penunjang keamanan.

Pada dasarnya, lis dari gypsum lebih mudah diukir menjadi berbagai macam bentuk mulai dari bentuk yang rumit, hingga bentuk yang terkesan sederhana sekalipun. Penggunaan lis bisa disesuaikan dengan gaya ruangan Anda, entah Anda ingin interior yang terkesan modern, vintage, bahkan industrial.

 

Berbagai Model Lis Dari Gypsum

Ada berbagai macam model lis ini, antara lain:

 

1. List model siku

Image result for list gypsum siku

Jika Anda ingin mendesain ruangan dengan gaya klasik, lis siku dengan ukiran-ukiran yang cantik dapat dijadikan sebagai pilihan. Entah ruangan minimalis atau pun besar, lis ini tetap saja pas digunakan. Salah satu lis populer ini bahkan cukup tenar di kalangan masyarakat. Jika Anda akan menggunakan lis di ruangan yang berukuran kecil, Anda bisa menggunakan ukiran kecil, lis dengan tambahan siku ini akan menopang beberapa titik.

 

2. List minimalis

Image result for model list gypsum minimalis

Jika Anda ingin menggunakan lis untuk interior dengan gaya minimalis, Anda bisa menggunakan lis yang tidak memiliki lekukan serta memiliki warna monokrom. Seringnya, jenis yang digunakan memiliki bentuk segi tiga, sedangkan warnanya dapat disesuaikan dengan warna dinding.

 

3. List mewah

Image result for model list gypsum mewah

Selain gaya minimalis, lis dengan gaya mewah juga dapat Anda adopsi. Lis ini cocok untuk bangunan yang memiliki gaya klasik karena mudah diukir serta dibentuk. Lis yang sering diabaikan ini faktanya dapat membuat rumah menjadi semakin mewah.

 

4. List sebagian kayu sebagian gypsum

Selain lis gypsum minimalis Anda juga bisa menggunakan lis kayu. Perpaduan kayu dan gypsum ini akan memberikan warna yang berbeda pada interior Anda.

 

Tips Mencegah Kebocoran Pada Gypsum

 Setelah mengenal berbagai macam lis yang cantik, hal berikutnya adalah menjaga gypsum dari kebocoran. Agar kebocoran ini tidak melanda rumah Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Pastikan tidak ada kebocoran pada bagian atap. Sebelum gypsum dipasang, Anda bisa memastikan kembali bila tidak ada kebocoran di bagian atap,
  • Gunakan jenis gypsum yang tahan air, sehingga gypsum bisa lebih tahan lama dan tidak cepat berjamur. Meskipun memiliki harga yang mahal, namun bila dibandingkan dengan plafon biasa, gypsum lebih banyak dipilih,
  • Tambahkan lapisan triplek atau plastik yang tebal. Jika Anda menggunakan atap dari rangka kayu serta genteng, sebelum pemasangan, lakukan penutupan menggunakan plastik, sehingga kebocoran dapat dihalau.

 

Jadi, sudah mendapatkan inspirasi list gypsum yang tepat bahkan hingga perawatan plafond dari gypsum bukan? Pilih list yang sesuai dengan budget dan interior yang akan Anda usung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *