Dekorasi

Ini Dia Berbagai Kelebihan dari Penggunaan Bahan UPV di Rumah

Kelebihan dari Penggunaan Bahan UPV

Dalam membangun sebuah rumah, dibutuhkan berbagai macam komponen untuk interior maupun eksterior. Ada banyak bahan bangunan yang bisa Anda pilih untuk mempercantik rumah, baik itu bahan alami maupun sintesis. Bahan alami seperti kayu atau bambu memang memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang,  karena bahan ini mempunyai struktur khusus dan juga kuat. Namun sayangnya bahan ini bisa lapuk termakan waktu, entah karena rayap ataupun cuaca. Sehingga saat ini bahan sintesis pun cukup diminati. Ada banyak bahan bangunan sintesis yang tersedia di pasaran. Salah satunya yang sedang naik daun adalah bahan UPVC.

UPVC adalah singkatan dari Unplasticized Poly Vynil Chloride. Material ini adalah turunan dari plastik yang sifat plastiknya diminimalisasi sehingga mengurangi kelenturannya dan menjadikannya keras. Oleh karena itu, bahan ini juga tidak mudah patah. UPVC pertama kali ditemukan pada tahun 1960 di Jerman. Sampai saat ini hampir 90% bangunan di Jerman menggunakan komponen berbahan UPVC dan bahan ini menjadi bahan favorit dalam pembuatan bangunan. Kusen, jendela ataupun pintu UPVC juga memiliki nilai estetikanya tersendiri

Bahan UPVC sudah teruji kualitasnya dan sangat cocok dipakai untuk hunian yang berada di iklim tropis. Bahan ini cenderung lebih mudah dibentuk dibandingkan aluminium, sehingga pintu UPVC juga memiliki desain yang kebih beragam. Agar lebih kuat dalam pemasangannya, jendela, pintu dan kusen berbahan UPVC juga sudah dilengkapi dengan rangka besi berlapis galvanis yang membuat kokoh.

Kelebihan dari Penggunaan Bahan UPV di Rumah

Kelebihan dari Penggunaan Bahan UPVKelebihan dari Penggunaan Bahan UPV

Saat ini sudah banyak rumah, ruko, apartemen hingga villa yang menggunakan bahan UPVC sebagai bahan pembuat kusen, jendela atau pintu. Dengan harga yang terjangkau dan sifatnya yang mudah dimodifikasi, membuat bahan UPVC menjadi pilihan utama banyak orang. Berikut ini adalah kelebihan pemakaian bahan UPVC yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Ramah Lingkungan

UPVC adalah sejenis thermoplastic yang berasal dari unsur garam dan minyak bumi. Unsur-unsur ini menjadikannya tahan terhadap berbagai cuaca dan bahan kimia. Dalam pembuatan materi UPVC untuk kusen, pintu dan jendela juga dilakukan dengan penambahan modifier untuk memperkuat dan stabilizer yang menjadikannya lebih ramah lingkungan. Dengan itu, maka dapat membuat persenyawaan yang lebih optimal.

2. Reduksi Suara

Bahan UPVC juga memiliki kelebihan yang tidak banyak dimiliki oleh bahan lainnya, yaitu kedap suara. UPVC memiliki tingkat kekedapan suara yang cukup tinggi. Bahan ini bisa mereduksi suara hingga 40 dB. Maka bagi Anda yang menginginkan suasana rumah yang tenang tanpa gangguan suara bisa memilih pintu dan jendela UPVC.

3. Tahan Api

Tingkat keamanan bahan UPVC cukuplah tinggi. Dengan bahan fire retardant yang bisa memperlambat laju api, pintu ataupun kusen berbahan UPVC tidak akan mudah terbakar. Maka pintu dan jendela UPVC sangat cocok untuk dipakai di area dapur rumah Anda.

4. Anti Rayap

Tidak seperti kayu yang suka dimakan oleh rayap, UPVC terbuat dari plastik yang tidak disukai rayap. Karena itu, bahan UPVC pun lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan bahan alami seperti kayu atau bambu.

5. Anti Karat

Karena tidak terbuat dari material besi, maka pintu, kusen atau jendela UPVC tidak akan terkena karat. Meskipun sering terkena air, bahan ini tetap tidak akan mengalami korosi. Keindahan warna pintu dan jendela rumah Anda pun bisa lebih terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *