Dekorasi

Karpet Berkerak karena Makanan? Atasi dengan 5 Cara Berikut

Mengatasi Karpet Kotor

Karpet saat ini bukan hanya digunakan sebagai alas lantai saja, namun juga digunakan sebagai dekorasi ruangan. Motif dan warna dari karpet yang bervariasi akan membuat ruangan semakin memiliki tampilan yang indah. Ada dua cara beberapa pemilik rumah menggunakan karpet. Pertama digunakan untuk menutup beberapa bagian saja misalnya di bawah meja tamu dan kursi tamu. Kedua digunakan untuk menutup seluruh lantai, penggunaan ini biasanya untuk menggantikan lantai seperti di dalam gedung perkantoran.

Sayangnya penggunaan karpet lantai ini membutuhkan perawatan yang rutin, apalagi jika berfungsi untuk menutup seluruh bagian ruangan. Karpet harus memiliki perawatan khusus setiap hari seperti harus dicuci dengan mesin khusus kemudian dikeringkan dengan vakum. Proses pembersihan harus tepat, karena jika terdapat kotoran harus segera dibersihkan. Noda yang dibiarkan saja akan menimbulkan noda yang sulit dihilangkan atau membekas.

Salah satu masalah yang sering muncul pada karpet lantai adalah kotoran yang mengeras karena tumpahan makanan. Baik itu makanan cair dan juga makanan padat yang lengket akan mengeras jika tidak segera dibersihkan. Ketika kotoran sudah mengeras maka perlu cara khusus untuk membersihkannya.

Cara Mengatasi Karpet Kotor Akibat Kerak Makanan

 

Cara Mengataasi Karpet Kotor Akibat Kerak Makanan

Pada saat kotoran di karpet tidak segera dibersihkan akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah. Jika tidak ditangani dengan cara yang benar, maka karpet akan rusak seperti berlubang atau warnanya berubah. Jangan sampai harga karpet yang mahal sudah Anda beli tersebut rusak, hanya karena salah cara membersihkannya.

Kebanyakan orang akan panik ketika karpet rusak karena kerak karena makanan. Banyak juga yang bergegas untuk pergi ke toko lantai karpet untuk membeli yang baru. Padahal tidak sulit juga untuk membersihkannya. Jika kotoran yang muncul sedikit, Anda bisa membersihkannya dengan beberapa cara berikut ini.

  • Membersihkan dengan air hangat

Cara pertama yang cukup praktis adalah menggunakan air hangat. Anda bisa menyiapkan air hangat kemudian gosok area yang berkerak dengan sikat gigi. Air hangat akan melunakan kotoran yang berkerak. Sikat perlahan ke satu arah saja hingga kotoran terangkat dan terlepas. Keringkan karpet dengan mesin pengering.

  • Memanfaatkan baking soda

Baking soda adalah bahan yang cukup aman dan tidak keras, bisa digunakan untuk hampir berbagai macam karpet. Jika cara pertama tidak bisa menghilangkan kotoran maka Anda perlu menggunakan baking soda. Pertama campurkan air hangat dengan baking soda, coba gosok dengan sikat gigi searah ke atas kerak. Tunggu hingga kerak terangkat, baru bersihkan dengan kain yang dibasahi air hangat.

  • Bersihkan dengan campuran air sabun

Masih menggunakan air hangat, selain baking soda Anda bisa mencampurkannya dengan sabun. Pilih sabun yang tidak terlalu keras seperti sabun mandi cair. Ikuti langkah yang sama, gosok kerak dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan ke dalam air sabun. Fungsi sabun adalah untuk melunakan kerak yang sudah mengeras. Jika kotoran sudah terangkat, bersihkan sisa sabun dengan air hangat agar tidak membekas kemudian keringkan.

  • Menggunakan jeruk nipis

Walaupun memiliki kadar asam, namun jeruk nipis tidak akan merusak karpet. Air hangat masih menjadi bahan utama, dan campurkan dengan jeruk nipis. Celupkan sikat gigi ke dalam air jeruk nipis kemudian gosokkan ke atas kerak di karpet. Ingat gosok ke satu arah saja perlahan hingga kotoran terangkat. Anda bisa mengeringkan kemudian karena tidak ada efek samping yang akan muncul. Jeruk nipis dapat digunakan, namun Anda tidak bisa menggantikannya dengan cuka karena kadar asamnya yang terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *