Kelistrikan

Inilah Pentingnya Menggunakan Jasa Instalasi Gas Medis Profesional!

Jasa Instalasi Gas Medis Profesional

Gas medis menjadi salah satu kebutuhan dasar di rumah sakit. Tanpa gas medis berbagai kegiatan pengobatan terancam terhambat. Memang ada banyak manfaat gas medis di bagi rumah sakit. Untuk itu instalasi gas medis menjadi hal sentral yang harus diperhatikan dengan baik.

Untuk melakukan instalasi gas medis diperlukan tenaga profesional yang memahami dunia mekanikal elektrikal dalam proses instalisasi tersebut. Namun, kenapa sebenarnua tenaga profesional diperlukan? Semuanya akan dibahas dengan lengkap di sini. Akan tetapi sebelum itu baiknya kita bedah dahulu mengenai seluk beluk gas medis.

Apa Itu Gas Medis?

Gas yang digunakan sebagai penunjang layanan kesehatan itulah pengertian dari gas medis. Namun, di sini gas yang dimaksud memiliki spesifikasi khusus dengan standar yang telah diatur. Kehadiran aturan tentang gas medis ini terkait efek yang ditimbulkan oleh gas medis. Tanpa adanya peraturan atau standar tentang gas medis bisa jadi justru ia berbalik dari bermanfaat menjadi berbahaya nantinya.

Gas medis sendiri tersebar menjadi beberapa jenis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Oksigen menjadi gas medis pertama yang paling umum ditemui saat ini. Secara umum gas ini hadir di pasaran dalam bentuk kemasan yang berisi cairan atau gas bertekanan.
  • Selain oksigen ada juga helium. Meski penggunaannya dalam gas medis tidak sebanyak oksigen, namun helium juga memiliki peran sentral dalam dunia gas medis.
  • Hampir serupa dengan oksigen, gas medis lain yaitu Nitrogen di jual dengan kemasan tabung. Di dalamnya berisi gas bertekanan yang nanti dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Instalasi Gas Medis Profesional?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa sebenarnya harus menggunakan jasa instalasi gas medis profesional? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan diulas lebih lanjut di bawah ini.

1. Instalasi Gas Medis Memiliki Regulasi Khusus

Harus dipahami jika masalah instalasi gas medis ini hadir dengan regulasi khusus. Ini disesuaikan dengan standar keamanan serta kebutuhan dari rumah sakit tersebut. Aturan-aturan ini secara umum tertuang dalam peraturan menteri kesehatan.

Untuk itu diperlukan kontraktor mekanikal elektrikal yang memiliki pengalaman mumpuni tidak hanya terkait dengan pemasangannya namun juga memahami regulasi yang harus dipenuhi. Saat ini sebenarnya ada beberapa kontraktor yang memenuhi kriteria tersebut. Hanya saja pihak rumah sakit harus memilih dan memilah mana yang paling baik pelayanannya.

2. Memastikan Keamanan Terjamin

Keamanan instalasi gas medis menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Instalasi yang tepat diperlukan di sini. Sedikit kesalahan dalam proses instalasi dapat berakibat fatal. Untuk itu perlu pihak yang memahami seluk beluk proses instalasi dan cara-cara aman melakukan instalasi gas medis.

Apalagi mengingat dalam komponen gas medis ada yang mudah untuk memicu ledakan. Kebocoran gas atau risiko lainnya yang muncul akibat kesalahan instalasi dapat membahayakan seluruh rumah sakit nantinya.

3. Memastikan Distribusi Gas Medis Berfungsi dengan Baik

Biasanya gas medis ini disalurkan melalui pipa-pipa ke ruangan yang membutuhkan gas tersebut. Penyaluran melalui pipa ini tentu tidak boleh asal, melainkan pihak instalasi harus memahami denah distribusi dari gas agar tidak terjadi kesalahan distribusi.

Inilah pentingnya profesional yang memahami seputar dunia mekanikal elektrikal dengan baik. Guna memastikan komponen mekanik serta elektrikal yang hadir dalam instalasi gas medis ini dapat berfungsi mendistribusikan gas dengan baik.

Itulah beberapa alasan pentingnya melakukan instalasi gas medis dengan menggunakan jasa profesional. Dari sana keamanan sampai dengan fungsi distribusi gas dapat berjalan dengan lancar. Sehingga risiko bahaya dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *