Dekorasi

Ini Kegunaan Cermin Cembung yang Tanpa Disadari Sering Digunakan Untuk Kegiatan Sehari-hari!

Cermin adalah sebuah benda yang sepertinya sering Anda gunakan meskipun tanpa sadar. Jenis cermin pun berbagai macam, seperti cermin datar dan cermin lekung. Cermin lekung sendiri terdiri dari dua jenis berdasarkan bentuk lekungnya, yaitu cermin cekung dan cermin cembung. Maka jangan heran, jika Anda mampir ke toko jual kaca cermin, ada begitu banyak macam kaca cermin yang akan ditawarkan.

Cermin cekung adalah jenis cermin yang memiliki bentuk melengkung ke dalam. Hasil pantulan dari cermin cekung ini adalah titik yang lebih terfokus, sehingga ketika Anda melihat dari cermin cekung, objek akan terlihat lebih kecil.

Cermin cembung adalah jenis cermin yang memiliki bentuk melengkung ke luar. Permukaan cermin ini dapat memantulkan cahaya, dimana hasil pantulannya adalah cahaya yang menyebar. Yang akan dibahas pada ulasan berikut ini adalah mengenai cermin cembung.

Cermin cembung sering juga disebut sebagai cermin divergen karena sifat cermin ini, dimana cermin ini dapat menyebarkan berkas cahaya pantul. Itulah yang dinamakan dengan sifat divergen.

Ternyata, cermin cembung ini banyak kegunaannya. Bahkan dapat Anda temukan di dalam kegiatan sehari-hari yang mungkin tanpa Anda sadari.

Mengenal Cermin Cembung yang Berdaya Guna!

 

Tanpa sadar, Anda sebenarnya dapat menemui cermin cembung di berbagai tempat dan Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari dan sangat berguna. Misalnya adalah pada kaca spion mobil atau motor. Jangan salah, cermin pada spion bukanlah cermin datar, tetapi cermin cembung! Dengan menggunakan cermin cembung, maka objek yang dipantulkan akan terlihat lebih besar atau lebih dekat. Itulah mengapa cermin cembung lebih cocok digunakan sebagai kaca spion. Hal ini agar pengendara dapat bersiap-siap atau memperkirakan jarak lebih aman daripada jika menggunakan cermin datar.

Biasanya, Anda juga dapat menemukan cermin cembung ini pada tikungan jalan yang tajam. Anda akan melihat adanya cermin yang dipasangkan di pinggir jalan tersebut. Tugas dari cermin cembung ini adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang sering terjadi di jalan yang menikung tajam karena kendaraan dari arah sebaliknya tidak dapat melihat kendaraan dari arah satunya. Cermin cembung dapat memberikan pantulan kendaraan dari sisi yang tidak dapat Anda lihat.

Baca juga: Peran Kontraktor dalam Instalasi AC Alias si Penyejuk Ruangan

Jenis kaca yang sama juga dapat Anda temukan di pertokoan dan perpustakaan. Biasanya kaca ini akan digunakan untuk mengamati berbagai bagian dari toko atau perpustakaan yang mungkin sering tertutup oleh rak-rak tinggi yang menghalangi pandangan. Dengan menggunakan kaca cembung ini, bagian-bagian yang biasanya tidak dapat terlihat, dapat kelihatan karena terpantul oleh kaca cermin cembung.

Ketika Anda sedang mengambil uang di ATM, perhatikan pada bagian atas atau samping kanan atau kiri dari mesin ATM. Biasanya Anda juga bisa menemukan kaca cermin di sana. Ini berguna sebagai “spion” untuk berjaga-jaga agar tidak ada yang mengintip pin atau layar ATM Anda. Anda bisa melihat setidaknya satu orang di belakang Anda, sehingga akan ketahuan apabila orang tersebut sedang mengintip aktivitas Anda di depan layar ATM.

Ukuran dari kaca cembung ini sangat beragam, itulah yang membuat harga kaca cermin menjadi beragam juga. Sebelum membelinya, pastinya dilakukan pengukuran yang tepat terlebih dahulu agar tidak boros biaya. Biasanya, tempat yang jual kaca cermin memiliki berbagai jenis ukuran yang sesuai dengan kegunaannya. Anda tinggal minta saja dan jelaskan kaca cermin sekiranya akan digunakan untuk apa, maka toko dapat memberikan rekomendasi ukuran yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *