Material

Ingin Gergaji Mesin Selalu Berfungsi Dengan Baik?? Cobalah 4 Tips Mudah Ini Untuk Merawatnya

Merawat Gergaji Mesin

Belakangan ini dunia kontruksi sedang tren dengan penggunaan gcr board sebagai salah satu aspek penting pembangunan interior baik untuk hunian pribadi maupun hunian gedung perkantoran. Bahkan penggunaannya semakin meningkat di setiap tahun mulai dari hunian-hunian modern di perkotaan hingga berbagai hunian di pedesaan, namun hal itu tampaknya sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia interior karena memang jenis material yang mirip dengan triplek itu dirasa lebih menguntungkan daripada material lainnya.

Namun dalam proses pemasangannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati sehingga dibutuhkan alat gergaji mesin yang benar-benar berkualitas saat hendak melakukan proses pemotongan. Meskipun harga grc sendiri masih terbilang cukup terjangkau namun tetap saja jika terdapat kesalahan dalam pemasangan terutama saat pemotongan maka akan sangat merugikan. Berbicara soal pemotongan papan grc dengan mesin gergaji tampaknya sering kita jumpai bahwa mesin pemotong yang digunakan sangat tidak layak untuk dipakai sehingga hasil pemotongan menjadi tidak sempurna dan terlihat buruk ketika diaplikasikan pada aspek interior.

5 Tips Mudah Merawat Gergaji Mesin

Jika gergaji mesin yang tidak layak digunakan terus menerus dan dipaksakan maka bukan hanya akan merugikan papan grc atau apapun yang dipotongnya melainkan dapat membuat mesin mengalami kerusakan hingga tidak dapat digunakan lagi. Maka sangat wajib bagi siapapun khususnya bagi anda yang berkecimpung dalam dunia kontruksi untuk memperhatikan kualitas gergaji mesin agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Lalu apa yang harus dilakukan sebagai langkah dalam perawatannya?? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Inilah 5 tips mudah yang dapat dilakukan sebagai cara untuk merawat gergaji mesin agar selalu dapat berfungsi dengan baik. Dan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Saringan Udara Selalu Berada Dalam Kondisi Bersih

Dalam setiap gergaji mesin pasti akan selalu terdapat saringan udara pada bagian inti mesinnya, jika anda ingin gergaji mesin selalu awet dan dapat berfungsi dengan baik sebaiknya lakukan perawatan dengan cara memperhatikan kondisi saringan udara agar selalu dalam keadaan bersih dan terbebas dari air. Hal ini sangat penting karena jika sampai saringan udara tersumbat maka dapat membuat mesin menjadi macet dan berakibat kerusakan yang fatal. Maka setiap selesai digunakan untuk memotong grc board ataupun kayu segeralah bersihkana kembali gergaji mesin secara keseluruhan terutama pada bagian penyaring udaranya agar tidak ada sisa serpihan potongan yang tertinggal.

2. Bersihkan Seluruh Permukaan Gergaji Secara Rutin

Sama seperti mesin-mesin kontruksi lain pada umumnya di mana setiap penggunanya harus selalu membersihkan seluruh permukaan mesin secara rutin. Hal ini berguna agar gergaji mesin selalu berada dalam kondisi yang baik dan terhindar dari berbagai kotoran yang menempel hingga saat akan digunakan mesin benar-benar berada dalam kondisi yang optimal.

3. Gunakan Kain Penutup Saat Mesin Gergaji Sedang Tidak Digunakan

Saat gerjaji mesin sedang tidak digunakan sebaiknya tutuplah secara keseluruhan menggunakan kain atau apapun yang bertekstur ringan. Hal ini penting dilakukan sebagai salah satu tips untuk merawat gergaji mesin agar terhindar dari debu dan kotoran yang dapat membuatnya berkarat atau mengalami kerusakan. Selain ditutup dengan kain pastikan mesin diletakan di ruangan yang aman dan terhindar dari benturan atau gesekan yang akan membuatnya rusak.

4. Lakukan Pengecekan Dan Maintance Secara Rutin

Layaknya mesin pada umumnya yang harus dilakukan pengecekan dan maintenance secara rutin begitu pun juga dengan gergaji mesin. Dengan tips ini maka kita akan mengetahui kondisi mesin setiap saat sehingga bila terdapat kerusakan akan dapat segera ditangani dan mesin dapat berfungsi dengan baik.

5. Oleskan Cairan Anti Karat Pada Permukaan Gergaji

Tips yang terakhir yang tak boleh terlewatkan dalam merawat gergaji mesin yaitu jangan lupa untuk oleskan cairan anti karat pada bagian alat pemotongnya sehingga akan terbebas dari ancaman karat. Karena seperti yang kita ketahui, saat pisau pemotong gergaji berkarat maka ketajaman akan berkurang dan hasil material yang dipotong akan menjadi tidak sempurna hingga terjadi kesalahan yang fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *