Konstruksi

Hujan Asam Berbahaya! Lindungi Keluarga Anda dengan Memasang Bahan Waterproofing

Akibat yang Timbul dari Hujan Asam

Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Sadar atau tidak kedua musim ini memiliki manfaat masing-masing untuk kehidupan manusia. Saat musim kemarau pakaian jemuran yang basah bisa jadi cepat kering, aktivitas di luar ruangan berjalan lancar tanpa takut basah akibat air hujan dan saat yang tepat bagi para petani untuk menanam tanaman palawija seperti umbi-umbian, kentang, jagung, kacang hijau dan lain-lain. Sedangkan manfaat musim penghujan yaitu sebagai sumber persediaan air tanah untuk musim kemarau, membuat udara sekitar menjadi sejuk, sumber penghasilan beberapa orang, saat yang tepat bagi para petani untuk menanam sayur-sayuran, buah-buahan dan padi.

Manfaat hujan di atas merupakan manfaat dari hujan air. Namun pernahkan kalian membayangkan bila yang turun itu bukanlah air atau H2O secara murni? etss.. Jangan dibayangkan jika yang dimaksud adalah hujan uang ya.. Hujan uang hanyalah istilah marketing yang digunakan oleh para pembisnis. Yang akan kita bahas kali ini yaitu bila hujan yang turun itu adalah hujan asam.

Hujan Asam dan Bahayanya

Hujan asam, istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Hujan asam adalah hujan yang turun akibat dari deposisi asam atau yang lebih dikenal dengan istilah hujan asam. Hujan asam bisa terjadi bila adanya zat asam di udara yang menyatu dengan uap air dan larut dalam butir-butiran  air kemudian ikut turun menjadi hujan. Sebenarnya hujan air pun sudah bersifat asam karena memiliki PH dibawah 7 (PH netral) atau sekitar 6-5,6 yang masih tergolong asam lemah jadi masih aman untuk makhluk hidup dan lingkungan. Namun berbeda dengan hujan asam yang kandungan PH-nya sudah kurang dari 5,6 bahkan bisa mencapai angka 4,3.

Bahaya yang ditimbulkan dari hujan asam berasal dari zat asam itu sendiri. Asam sejatinya bersifat korosif dan merusak. Tidak memandang siapa, apa dan berasal dari apa, semua yang terkena asam secara berlebihan dengan waktu yang cukup lama nantinya akan rusak secara perlahan. Bahkan besipun bisa terkikis dan berkarat karena asam.

Akibat yang Timbul dari Hujan Asam

Banyak hal buruk terjadi akibat hujan asam ini yaitu:

1. Terganggunya kesehatan.

Bila terkena makhluk hidup akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh bahkan kematian, Karena daya tahan tubuh akan menurun drastis akibat terpapar hujan asam ini.

2. Merusak lingkungan.

Tidak hanya berdampak bagi manusia, lingkungan pun akan rusak bila terkena hujan asam ini. Tanaman mati, tanah tercemar dan rusaknya habitat alami hewan.

3. Merusak bangunan.

Di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Maros dan Serpong yang merupakan kota besar dan banyak sekali ditemukan bangunan pernah menjadi sasaran hujan asam ini. Kejadian ini terpantau oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mereka mengatakan bahwa di tahun 2001 – 2013 PH hujan yang turun berkisar pada 4,3-5,6. Hal ini menyebabkan banyak sekali kerusakan bangunan, mobil dan benda-benda lain.

Bahan Waterproofing

Untuk warga Jakarta tidak perlu khawatir sekarang sudah banyak perusahaan atau orang-orang yang membuka bisnis Jasa Waterproofing Jakarta. Antisipasi Hujan Asam, persiapkan diri sebelum hujan asam ini turun kembali bisa dengan satu cara ini yaitu membeli barang atau melapisinya dengan bahan waterproofing.

Waterproofing adalah bahan tahan air atau tidak bisa ditembus oleh air. Sekarang bahan ini banyak ditemui, mulai dari bahan bakunya langsung ataupun zat yang dicampurkan ke dalam pelapis lain seperti cat. Anda warga Jakarta dan sekitarnya bisa menemukan jasa waterproofing Jakarta dengan mudah.

Di jakarta penyedia jasa ini menawarkan harga waterproofing yang bervariasi bisa didapat mulai dari 50rb hingga jutaan rupiah, tergantung dari bahan apa dan seberapa banyak bahan itu di beli. Sebaiknya anda melapisi barang-barang outdoor anda seperti atap rumah, mobil, dinding luar rumah, balkon dan barang lain dengan bahan waterproofing sehingga tetap aman dan tidak mudah rusak.

Anda bisa menyesuaikan harga waterproofing dengan budged yang anda punya, jangan khawatir mahal karena banyak jasa waterproofing Jakarta. Bila di toko A menawarkan harga waterproofing yang mahal, pindah saja ke Toko B, mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *