Dekorasi

Dekorasi Kamar Tidur Ceria Bisa Jadi Cara Jitu Agar Anak Betah di Rumah!

Tindak kriminal yang tinggi dan paparan buruk internet membuat kebanyakan orang tua zaman sekarang enggan untuk membiarkan anak-anaknya keluar rumah. Namun sayangnya, semakin sulit untuk menahan anak-anak tetap di rumah. Oleh sebab itu, pastikan orang tua menyediakan ruangan khusus anak-anak yang bakal membuat mereka betah di rumah. Pastikan ruangan tersebut didekorasi dengan warna-warni ceria, wallpaper dinding terbaik dan berisi benda-benda yang bisa mereka eksplor.

Mengapa Warna Dekorasi Interior Penting

Kehadiran warna dalam setiap ruangan bukanlah bentuk pakem desain interior semata. Warna memiliki fungsi dan makna yang bisa memengaruhi mood penghuni rumah. Apalagi, ternyata warna berpengaruh loh terhadap tumbuh kembang anak. Berdasarkan penelitian, warna terbukti punya pengaruh besar terhadap kesehatan, perilaku dan suasana hati. Bahkan, ada loh warna spesifik yang bisa merangsang kecerdasan otak anak, seperti:

  • Merah. Warna bisa mampu merangsang kinerja otak dan meningkatkan denyut pernapasan dan jantung. Tapi exposure yang berlebihan akan warna merah akan membuat anak menjadi agresif dan susah fokus.
  • Kuning. Warna kuning lembut akan membantu anak melatih fokus. Sementara warna kuning cerah akan melatih daya ingat. Namun, paparan warna kuning yang berlebihan akan membuat anak jadi gelisah dan gampang marah.
  • Ungu. Warna ungu punya kesan emosional yang dalam dan baik untuk mengasah rasa kasih sayang dan kepekaan anak-anak. Warna ini juga menunjukan kreativitas.
  • Biru. Warna biru yang dominan bisa mengendalikan perilaku agresif dan perasaan cemas anak. Makanya, anak-anak dengan masalah tantrum biasa diterapi dalam ruangan berwarna biru.
  • Hijau. Berdasarkan penelitian, warna hijau terbukti bisa meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca anak loh!
  • Merah Muda. Sama seperti warna biru, merah muda juga memberikan efek menenangkan.

Inspirasi Ide Dekorasi Kamar Anak yang Ceria

Agar anak betah bermain di kamarnya, tidak hanya sekedar pemilihan warna, elemen-elemen dekorasi lainnya juga harus dipilih dengan cermat. Yap, meski warna-warni warna punya banyak manfaat positif, tapi bukan berarti harus menjadi warna dominan pada bagian dinding. orang tua bisa mengombinasikannya sebagai aksen pada aksesoris kamar seperti wallpaper dinding dan furnitur.

1. Wallpaper yang Hidupkan Ruangan

 

Wallpaper dinding anak

Untuk menciptakan kamar yang ceria dan nyaman, orang tua bisa mempertimbangkan untuk memasang wallpaper pada bagian dinding. Untuk memilih wallpaper, tema kamarlah yang harus jadi pertimbangan utama. Apakah kamar anak akan didesain dengan teman superhero, otomotif atau princess ala Disney? Atau kamar anak dengan desain simpel dan sederhana? Setelah itu, barulah jatuhkan pilihan kepada beberapa desain wallpaper, seperti:

  • Wallpaper color block. Pilih wallpaper color block maksimal dengan tiga kombinasi warna.

Wallpaper color block

 

  • Wallpaper karakter. Karakter favorit akan menaikkan semangat anak.

Wallpaper karakter

 

  • Wallpaper natural. Suasana alam akan membawa nuansa sejuk dan nyaman serta membantu anak belajar mengenai alam.

 

Wallpaper natural

  • Wallpaper floral. Warna-warni bunga akan membuat kamar terasa lebih ceria dan segar.

 

 

Wallpaper floral

Untuk wallpaper yang lebih tahan lama, pilihlah yang berbahan vinyl karena bahan ini kuat dan tahan lembap. Wallpaper ini bisa dengan mudah kok, dibeli di toko wallpaper dinding murah, bahkan bisa dicostum.

2. Furnitur Unik

 

Furnitur Unik

Agar anak makin betah di rumah, taruhlah furnitur unik yang memungkinkan mereka untuk bermain. Pastikan furnitur yang ditaruh di dalam kamarnya sesuai dengan karakter dan hobi si anak ya. Kalau anak Anda suka kucing, berilah ranjang dengan headboard berbentuk kucing.

Kalau Anda memiliki anak yang super aktif dan imajinatif, berikanlah furnitur yang bakal menyokong perkembangan karakternya. Seperti ranjang ala rumah pohon dan wallclimbing mini.

ranjang ala rumah pohon

 

 

wallclimbing mini

Anda juga bisa memasang ayunan dan ranjang dengan perosotan agar mereka merasa semakin nyaman dan betah saat di rumah.

 

ayunan dan ranjang

perosotan anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *