Material

Ini Dia Berbagai Material yang Digunakan untuk Membuat Dinding Partisi

Berbagai Material untuk Membuat Dinding Partisi

Tampilan ruangan rumah yang unik dan menarik sering kali mencuri perhatian banyak orang. Bahkan, tampilan tersebut kerap kali dijadikan inspirasi oleh sebagian masyarakat sebagai salah satu contoh rumah idaman. Kriteria rumah idaman setiap orang tentunya berbeda-beda, ada yang menyukai tampilan desain minimalis, vintage, ataupun mediteranian. Ketiga tampilan desain tersebut tentunya memiliki daya tarik dan manfaat tersendiri. Sebagai contoh rumah dengan desain minimalis memiliki daya tarik pada tampilannya yang elegan serta dengan peletakan barang yang disusun sedemikian rupa menjadikannya lebih praktis.

Saat ini ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk membuat ruangan rumah anda terlihat lebih indah, mulai dari menambahkan berbagai furniture ataupun dengan memanfaatkan penggunaan dinding partisi. Selain untuk meningkatkan fungsi ruangan, dinding partisi juga dapat digunakan untuk memperindah tampilan ruangan. Bahan material utama yang digunakan dinding partisi pun beragam. Berikut kami akan memberikan beberapa informasi mengenai jenis bahan material dinding partisi.

Material yang Dapat digunakan Membuat Dinding Partisi

1. Bata

Berbagai Material untuk Membuat Dinding Partisi

Bata merupakan salah satu bahan dinding partisi yang paling sering digunakan. Salah satu alasan utama disukainya bahan bata sebagai dinding partisi karena daya tahannya yang kuat. Kelebihan tersebut kerap kali menjadikan sebagian besar masyarakat memilih menggunakannya sebagai dinding partisi yang bersifat permanen.

Meski memiliki daya tahan yang kuat, namun bahan dinding partisi ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut terletak pada proses pemasangannya yang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu anda masih perlu mengecatnya agar tampilannya menjadi lebih menarik.

2. Gypsum

Dinding partisi gypsum merupakan jenis dinding partisi yang banyak digunakan karena pemasangannya yang mudah. Selain ringan, dinding partisi berbahan gypsum juga memiliki daya tahan yang kuat. Bahan dinding partisi ini memiliki kualitas yang berbeda-beda, namun harga yang ditawarkan pun masih cukup terjangkau. Hal ini tentunya akan memudahkan dalam menyesuaikan dana yang akan dikeluarkan untuk merenovasi atau membangun suatu ruangan. Selain itu, bahan gypsum juga mudah didapatkan, sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai ketersediaannya.

Meskipun demikian daya tahan partisi berbahan gypsum terhadap air cukup rendah. Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan penggunaan bahan partisi ini di ruangan yang kering. Partisi dinding berbahan gypsum juga tidak dapat meredam suara berisik yang terdapat di dalam ruangan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan melapisinya dengan glasswool. Pelapisan glasswool dimaksudkan untuk meredam suara di dalam ruangan. Kehadiran glasswool dengan berbagai warna dan motif yang menarik, tentunya dapat juga digunakan untuk memperindah tampilan ruangan. Hal ini menjadikan bahan gypsum ini sangat cocok untuk dijadikan dinding partisi di kamar tidur.

3. Kaca

Berbagai Material untuk Membuat Dinding Partisi

Jika ingin membangun ruangan dengan desain yang modern dan elegan, anda dapat menggunakan partisi kaca. Pasalnya, partisi jenis ini hadir dengan berbagai model yang menarik. Selain itu dapat juga memadukan bahan kaca dengan kerangka yang terbuat dari gypsum dan alumunium. Namun, bagi yang kurang suka partisi kaca yang memiliki frame, tersedia juga partisi dengan bahan kaca tanpa menggunakan kerangka atau biasa disebut frameless partition glass. Agar tampilan ruangan menjadi lebih menarik, kami menyarankan untuk menggunakan stiker yang dapat di tempelkan di dinding partisi kaca. Hal menarik lainnya adalah anda tidak perlu khawatir mengenai keamanannya, karena dapat memilih partisi kaca dengan berbagai macam ketebalan.

Kendati demikian partisi kaca juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya berkaitan dengan harganya. Harga partisi kaca tergolong mahal, bahkan bisa melebihi harga dinding partisi gypsum. Hal lain yang perlu diketahui adalah ragam harga partisi dinding berbahan kaca ditentukan oleh ketebalan dan juga lebar kaca yang digunakan. Selain itu proses pemasangan partisi kaca dapat dikatakan cukup sulit, sehingga harus meminta bantuan kepada orang yang ahli dalam pemasangannya. Jalan terbaik untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan jasa pemasangan partisi, akan tetapi anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *